29 August 2011

T.Informatika – Sistem dan Teknologi Informasi




Kalau bisa dibilang sih, mata kuliah yang satu ini lumayan lebih ringan dibandingin mata kuliah Teknik informatika lainnya yang “menguras otak”. sampai Kajur (kepala jurusan) ku bilang “mata kuliah nyantai”. Smile with tongue out
Intinya sih, mahasiswa bakal mempelajari tentang komputer itu sendiri. Yaitu Software, Hardware dan Brainware-nya. Selain itu juga akan mempelajari yang namanya Sistem Informasi.
Hardware atau perangkat keras adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya. Hardware komputer dapat dibagi menjadi :
CPU, singkatan dari Central Processing Unit, adalah hardware komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak.
Disk, adalah hardware yang bertugas menyimpan data yang sudah diproses oleh CPU.
Input/Output (I/O), adalah bagian komputer yang digunakan untuk berhubungan dengan dunia luar. Input merujuk pada alat yang digunakan penggguna untuk memasukkan data, seperti mouse, keyboard. Sedangkan output merujuk pada alat yang digunakan komputer untuk meampilkan data yang sudah diproses, seperti monitor dan printer.
Software atau perangkan lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Yang termasuk software antara lain, software aplikasi, dan sistem operasi. Software aplikasi adalah suatu subkelas software yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Software aplikasi contohnya seperti Microsoft Office, Adobe Photoshop. Sistem operasi  atau OS adalah  sistem yang bertugas untuk memberikan abstraksi terhadap kontrol dan manajemen Hardware serta operasi-operasi dasar sistem, yang digunakan oleh software aplikasi.
Software dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman, yaitu sebuah bahasa yang digunakan untuk memerintah komputer.
sedangkan Brainware adalah manusia yang berinteraksi dengan komputer itu sendiri. Brainware dibedakan menjadi Administrator dan User. seorang administrator bertugas untuk mengelola dan mengatur sistem komputer. Sedangkan user adalah pengguna biasa yang tidak mempunyai akses untuk mengelola dan mengatur sistem.
Suatu sistem informasi (SI) atau information system (IS) merupakan kumpulan dari orang, data, proses-proses, dan antar-muka yang berinteraksi mendukung dan memperbaiki beberapa operasi sehari-hari dalam suatu bisnis termasuk mendukung memecahkan soal dan kebutuhan pembuat-keputusan manejemen dan para pengguna yang berpengalaman di bidangnya.


Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi
http://id.wikipedia.org/wiki/Software
http://id.wikipedia.org/wiki/Hardware

0 Comments:

Post a Comment

Popular Posts