23 August 2011

Microsoft Imagine Cup 2011 : Teknologi untuk Pembangunan Dunia


Rabu, 13 Juli lalu, sekelompok remaja dari berbagai penjuru dunia menari, menyanyi dan mengibarkan bendera di Koch Theater, Lincoln Center, New York. Mereka adalah tim-tim finalis dari Microsoft Imagine Cup 2011, sebuah ajang bergengsi dari Microsoft yang menampilkan pelajar dan mahasiswa di seluruh dunia untuk saling berkompetisi di bidang teknologi, khususnya bidang IT.

Para pemenang Imagine Cup 2011

Tahun ini, jumlah pendaftar mencapai lebih dari 350.000, mereka adalah para pelajar berumur 16 tahun ke atas dari 183 negara. Microsoft Imagine Cup terdiri dari tiga kategori utama, game design (dibagi untuk mobile, web, dan Windows/Xbox), embedded development (menciptakan sebuah alat/perangkat yang berdiri sendiri), dan software development. Tiap tim terdiri dari 1-4 pelajar/mahasiswa. 100 tim yang lolos dalam tiga kategori ini diundang ke New York untuk menampilkan proyek mereka. Tiga tim yang paling unggul dalam tiap kategori akan mendapatkan hadiah, tetapi “imagine Cup” itu sendiri merujuk pada juara di kategori software development. Tahun lalu, tim Skeek dari Thailand menjadi juaranya. Mereka membuat software yang dapat menerjemahkan bahasa inggris ke bahasa isyarat secara real-time.
Dalam mengerjakan proyek mereka, peserta hanya diperbolehkan menggunakan teknologi milik Microsoft, seperti Bing maps, Windows 7, Silverlight, dan .Net Framework.

Tema dari Imagine Cup itu sendiri adalah “Imagine a world where technology helps solve the toughest problems.” Pengggunaan teknologi untuk memecahkan masalah paling sulit sekalipun. Dalam mengerjakan proyek ini, peserta akan ditanyai tentang  tujuan pembangunan milenium PBB (United Nation’s Millennium Development Goals). Sebuah proyek pembangunahn internasional dengan deadline tahun 2015.

Saat sesi upacara pemberian penghargaan, lampu asap menyorot ke atas peserta, para peserta membungkus diri mereka dengan bendera negara mereka masing-masing dan menyanyikan lagu “Empire State of Mind,” “Don’t Stop Believing”. Para peserta tersebut dijanjikan Windows Phone 7.5 jika pada saat dirilis oleh Microsoft nanti.

Para pemenang mendapat cek sebesar lima digit dalam dollar AS. Beberapa dari mereka akan merilis game dan software mereka secara gratis. Mereka juga berharap mendapatkan sumbangan dana untuk mengembangkan proyek-proyek mereka lebih lanjut. Ini bukanlah suatu akhir, tapi merupakan awal bagi mereka menuju langkah selanjutnya.

Anda dapat melihat para pemenang Microsoft Imagine Cup di sini

Referensi : Popular Science

0 Comments:

Post a Comment

Popular Posts