21 August 2011

Thunderbolt : Generasi penerus USB dan FireWire


Inovasi Apple di bidang hardware komputer memang tak pernah berhenti. termasuk untuk teknologi input/output (I/O).
setelah sukses dengan FireWire yang mengagumkan, kini mereka mengembangkan generasi penerus yang lebih canggih, Thunderbolt
.
                                                                    



 


Dimulai dari sebuah ide untuk membuat teknolgi I/O yang super cepat yang dapat digunakan di berbagai perangkat, Intel dan Apple berkolaborasi mengembangkan Thunderbolt.
Intel pernah ikut berperan dalam pengembangan awal USB dan PCI Express yang sekarang telah digunakan secara luas di berbagai perangkat, sedangkan Apple menemukan FireWire dan ikut mempopulerkan penggunaan USB. Pengalaman yang matang dari dua raksasa komputer tersebut menjadi dasar pengembangan Thunderbolt.

Dibanding USB dan FireWire, kecepatan transfer data Thunderbolt jauh lebih cepat. Thunderbolt memiliki dua channel dengan Kecepatan 10 GB/s tiap channel-nya yang bekerja dua arah. Itu berarti lebih cepat 20x dari USB 2.0 dan 12x dari FireWire 800.

MacBook Air, MacBook Pro, iMac, dan Mac terbaru telah dilengkapi Thunderbolt. Para penggunanya kini dapat menikmati kecepatan transfer yang tinggi dan tampilan layar Resolusi tinggi hanya dengan satu port saja. Itu karena Thunderbolt dibangun berdasarkan 2 teknologi utama : PCI Express dan DisplyPort.

PCI Express merupakan teknologi yang menghubungkan semua komponen di dalam Mac. PCI Express bahkan memungkinkan penggunanya untuk menghubungkan komputernya dengan Gigabit Ethernet dan jaringan Fibre Channel hanya dengan satu adapter.


Sedangkan DisplayPort adalah standar video untuk tampilan Resolusi tinggi. Kedua Teknologi tersebut terdapat dalam Thunderbolt. Pengguna Mac dapat menghubungkan DisplayPort, DVI, HDMI, atau VGA display hanya dengan satu adapter Thunderbolt yang telah tersedia.

Thunderbolt juga memberikan bandwith yang lebih dari cukup bagi penggunanya untuk menghubungkan beberapa perangkat berkecepatan tinggi tanpa menggunakan hub atau switch. Misal menghubungkan beberapa external disk, sebuah perangkat video capture dan sebuah monitor dengan satu port Thunderbolt dan tetap mendapatkan kecepatan maksimum.

Sebagai teknologi I/O generasi baru, Thunderbolt telah memenuhi kebutuhan akan sebuah kecepatan transfer data yang tinggi yang dapat digunakan di berbagai perangkat komputer. Apakah Thunderbolt akan mampu menyaingi kepopuleran USB seperti sekarang? kita tunggu saja perkembangannya.

Referensi :



0 Comments:

Post a Comment

Popular Posts