life, coding, and stuff

06 November 2011

Sistem digital - Rangkaian Sekuensial


Yak, seperti biasanya, akhir pekan ini, saya kembali menulis posting tentang materi kuliah saya. Kali ini, ditengah-tengah pembuatan laporan pendahuluan praktikum sistem digital modul kedua, saya akan membahas tentang mata kuliah bidang sistem digital, Rangkaian Sekuensial.

Pada dasarnya rangkaian logika dibagi menjadi dua jenis, yaitu rangkaian kombinasional yang telah kita pelajari pada ba b sebelumnya dan rangkaian sekuensial.

Rangkaian kombinasional adalah suatu rangkaian yang outputnya hanya tergantung pada kombinasi inputnya.

Berbeda dengan rangkaian kombinasional, Rangkaian sequential adalah suatu rangkaian yang outputnya tidak hanya tergantung pada kombinasi inputnya tetapi juga tergantung pada output sebelumnya.

 a. FLIP -FLOP Adalah suatu rangkaian yang dapat menyimpan state biner (sepanjang masih terdapat power pada rangkaian) sampai terjadi perubahan pada sinyal inputnya.

b. RANGKAIAN DASAR FLIP -FLOP Flip-flop dapat dibuat dari dua buah gerbang NAND atau NOR berikut ini:


c.    RS FLIP-FLOP DENGAN CLOCK
Dengan  menambah  beberapa  gerbang  pada  bagian  input  rangkaian  dasar, flip-flop  tersebut  hanya  dapat  merespon  input  selama  terdapat  clock  pulsa. Output  dari  flip-flop tidak akan berubah selama clock pulsanya 0 meskipun terjadi  perubahan  pada  inputnya.  Output  flip-flop  hanya  akan  be rubah 
sesuai dengan perubahan inputnya jika clock pulsa bernilai 1. 


d.    D FLIP -FLOP
D flip-flop  merupakan  modifikasi  dari  RS  flip-flop memakai clock. Input D disalurkan secara langsung ke S.


e.    JK FLIP-FLOP
State-state  yang  tidak  didefinisikan  pada  RS  flip-flop,  pada  JK  flip -flop ini state tersebut  didefinisikan.  Jika  pada  RS  flip-flop  kondisi  R  dan  S  sama  dengan  1, maka kondisi seperti ini tidak didefinisikan, maka pada JK flip-flop jika kondisi J dan  K  sama  dengan  1  maka  output  JK  flip -flop  tersebut  adalah  komplemen  dari output sebelumnya. Dalam hal ini J setara dengan S dan K setara dengan R. untuk lebih jelasnya kita per hatikan diagram dibawah ini.


f.     T FLIP -FLOP
Adalah  versi  JK  flip -flop  dengan  single  input.  T  flip-flop  mempunyai kemampuan yaitu membuat toggle seperti pada tabel dibawah ini..


g.    TABEL EKSITASI FLIP-FLOP
Dibawah  ini  adalah  karakteristik  tabel  dari  berbagai  type  flip-flop.  Nilai  X menandakan bahwa nilainya dapat diisi kedua-duanya yaitu 0 dan 1.


h.    PROCEDURE DESAIN
Apabila  kita  akan  membuat  suatu  rangkaian  sequential  dengan  clock  biasanya dimulai dari  kumpulan spesifikasi rangkaian dalam bentuk diagram state sehingga nantinya    didapatkan    daftar    fungsi  boolean.    Berbeda    dengan    rangkaian kombinasional  yang  sepenuhnya  dapat  dibuat  dari  representasi  tabel  kebenaran, rangkaian sequential ini harus dibuat dahulu diagram statenya agar dapat diketahui tahap-tahap  state  yang  seharusnya  diproses,  sehingga  kita  dapat  menentukan rangkaian kombinasionalnya. State diagram mempunyai bentuk:









4 comments:

  1. permisi gan izin bertanya,
    di tabel 5.2 "output dari rangkaian kombinasional input flip-flop" itu gmn nentuin nya gan?
    tq

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Popular Posts