11 March 2013

Review Materi Asistensi Jaringan Komputer


OSI Layer

OSI (Open System Interconnection) adalah penggambaran bagaimana informasi dari suatu aplikasi berpindah melewati sebuah media jaringan ke suatu aplikasi di komputer lain.

OSI layer dibagi menjadi 7 lapisan. Urutan dari yang paling bawah ( Yang mengendalikan transport data) sampai yang paling atas (Yang berurusan dengan aplikasi pada umumnya) adalah sebagai berikut :

Physical
Lapisan ini bertanggung jawab untuk mengaktifkan dan mengatur interface jaringan komputer yang berbentuk fisik. Seperti Kabel, Hub, Router, dll.

Data Link
Lapisan ini mengatur topologi jaringan, peringatan error, dan pengaturan aliran data. Tugas utamanya adlah sebagai fasilitas pengiriman data yang masih mentah dan mengubahnya ke saluran yang bebas dari gangguan.

Network
Lapisan ini berfungsi untuk mengendalikan operasi subnet dengan meneruskan paket-paket dari suatu node ke node lain dalam jaringan.

Transport
Fungsi dasar dari Lapisan Transport adalah menerima data dari lapisan session, memecah data menjadi bagian-bagian yang lebih kecil bila perlu, meneruskan data ke lapisan Network, dan menjamin bahwa semua potongan data tersebut bisa tiba di sisi lainnya dengan benar.

Session
Lapisan Session mengijinkan pengguna untuk menetapkan session dengan pengguna lainnya. Lapisan ini membuka, mengatur, dan menutup suatu session antara aplikasi satu dengan lainnya.

Presentation
Lapisan ini melakukan fungsi-fungsi seperti konversi, format, dan enkripsi data.

Application
Lapisan ini bertugas memberikan sarana pelayanan langsung ke user, yang berupa aplikasi-aplikasi dan mengadakan komunikasi dari program ke program. Jika kita mencari suatu file dari file server untuk digunakan sebagai aplikasi word processor, maka proses ini bekerja melalui layer ini. Demikian pula ketika kita mengirimkan e-mail, browsing internet, chatting, membuka telnet, atau menjalankan FTP Client, proses-proses tersebut dilakukan di layer ini.


Protokol Dalam Email

SMTP (Simple Mail Protocol)
Protokol umum yang digunakan untuk mengirimkan email dari satu komputer ke komputer lain.

POP3 (Post Office Protokol v3)
Jika kita menggunkan protokol ini, email akan didownload ke local disk dan kita bisa membacanya secara offline. Kita tidak bisa membaca email terdahulu jika email yang kita download terhapus.

IMAP (Internet Message Acces Protocol)
Jika kita menggunakan protokol ini, kita bisa membaca email dari banyak account. Email akan dibaca langsung dari Server, dan mensinkronisasikannya dengan aplikasi yang menggunakan protokol ini. Semua perubahan terhadap keduanya akan disimpan


0 Comments:

Post a Comment

Popular Posts